free statistics
Inspirasi Fashion Batik Indonesia

Inspirasi Fashion Batik Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan motif yang satu ini, hampir semua orang di Indonesia khususnya pulau Jawa sudah sangat tahu tentang batik. Batik adalah motif yang khas yang dibuat dengan melukiskan malam menggunakan canting pada kain. Kemudian baru dilakukan pewarnaan. Namun ada juga batik cetak yang tidak perlu menggunakan canting sebagai sarana. Cukup menggunakan cetakan motif untuk membuatnya lalu dicapkan pada kain. Namun kualitas dari batik cetak ini tidak sebagus batik yang dibuat dengan maksimal.

 

Dulu batik identik dengan warna coklat saja. Seiring berkembangnya zaman batik mengalami perkembangan yang cukup pesat. Warna yang ditawarkan sangat beragam, sehingga banyak pihak yang mulai meliriknya. Bahkan di era yang serba modern ini, batik tidak hanya digunakan untuk acara resmi saja. Sudah banyak batik yang di desain untuk menampilkan gaya casual. Untuk itu, banyak kalangan yang bisa menikmati pemakaian batik, entah itu anak – anak, remaja maupun dewasa.

 

Bahkan batik juga sangat cocok digunakan untuk para muslimah. Khusus untuk anda yang masih merasa muda, jangan takut terlihat tua dengan pemakaian batik. Sudah banyak batik yang didesain agar menghasilkan tampilan yang muda. Ada beberapa orang yang bingung tentang padu padan baju batik untuk mereka yang muslimah. Untuk itu, berikut ini akan dibahas tentang beberapa inspirasi fashion batik Indonesia.

 

 

1. Batik Pesta Zaskia Sungkar

 

Jika anda ingin pergi ke pesta pernikahan dengan tampilan yang muslimah, anda bisa menggunakan kaftan batik yang cantik juga. Anda bisa memilih warna kain yang cerah agar anda terlihat fresh dan juga elegan. Sudah ada banyak kaftan batik yang disediakan di toko-toko baju, tentunya dengan beragam model dan warna. Anda bisa memadukannya dengan hijab polos yang memiliki warna senada dengan batik anda. Sebisa mungkin hindari pemakaian hijab yang bermotif, karena akan membuat penampilan anda buruk. Kain batik memiliki motif yang penuh, sehingga jika anda menambahkan hijab yang bermotif akan terkesan terlalu rame. Untuk menampilkan kesan yang lebih feminim, tambahkan pemaduan dengan high heels atau wedges kesayangan anda.

 

Batik Pesta Zaskia Sungkar mengenakan kaftan motif batik yang sangat elegan

 

Dalam foto tersebut Zaskia memang terlihat sangat anggun. Ia mengenakan kaftan motif batik yang sangat elegan. Ia memadukannya dengan dalaman berwarna coklat. Untuk bagian hijabnya sendiri ia memilih nuansa coklat keemasan. Zaskia mengenakan pasmina berumbai yang ia lilitkan dengan sederhana di kepalanya.

 

Agar tidak terlalu polos, ia mengenakan statement necklace di lehernya. Selain itu Zaskia juga melengkapi outfitnya dengan tas dan juga sepatu dengan warna yang senada. Zaskia memegang clutch dengan warna emas. Ia juga mengenakan sepatu pump berwarna emas yang membuat penampilannya menjadi super mewah dan elegan. Tidak terlalu berlebihan, namun juga tidak terlalu sederhana, untuk model pakaian yang akan dikenakan, untuk menghadiri sebuah pesta pernikahan.

 

 

2. Batik Casual Dian Pelangi

 

Kebanyakan baju batik memang dipakai di waktu–waktu yang formal. Namun sekarang ini, batik juga bisa dipakai untuk hal yang casual. Batik juga didesain untuk baju-baju yang casual juga. Misalnya saja, celana batik dan rok batik untuk memberikan kesan yang casual anda bisa memadukannya dengan atasan kaos polos yang memiliki warna senada. Tentunya hijab yang dipilih juga menyesuaikan dengan warna batiknya. Anda bisa memakai flate shoes atau juga sandal flat agar menambah kesan santai anda.

 

Batik Casual Dian Pelangi terlihat sangat casual dengan outer batik Pekalongan

 

Dalam foto tersebut Dian pelangi memang terlihat sangat casual dengan outer batik Pekalongan. Dian Pelangi mengenakan atasan merah dengan outer batik, yang dipadu dengan loose pants peach berbahan satin. Untuk hijabnya, pemilik nama lengkap Dian Wahyu Utami ini mengenakan hijab polos berwarna merah. Penampilannya semakin cantik kala Dian juga menggunakan kacamata hitam, kalung, jam tangan, tas Hermes merah, dan sandal jepit berwarna gold.

 

 

3. Hijab Batik Jenahara

 

Buat kamu para pecinta hijab motif, ada solusi yang jitu untuk membuatmu tampil beda.  Cobalah untuk menggunakan hijab dengan motif batik seperti berikut ini. Motif batik yang khas banget, sangat cantik untuk kamu kenakan sebagai hijabmu. Pilih warna dan motif yang kalem seperti batik dengan dominasi warna hitam dan coklat seperti ini. Bahan batik seperti katun cukup nyaman karena dapat menyerap keringat.

 

Hijab Batik Jenahara tak mau ketinggalan untuk menggunakan batik sebagai salah satu style hijabnya

 

Bahkan Jenahara juga tak mau ketinggalan untuk menggunakan batik sebagai salah satu style hijabnya lho. Ibu dari tiga anak ini terlihat duduk mengenakan kemeja cokelat dan rok panjang hitam. Lantaran busana yang dikenakan sudah sangat polos, Jenahara memberikan statement pada jilbab batik yang dikenakannya. Motif batik yang dipilih tentu saja yang tidak terlalu mencolok namun tetap elegan saat dikenakan seperti pada acara-acara resmi. Untuk sepatunya, Jenahara menggunakan pump heels hitam.

 

 

4. Rok Batik Siti Juwariyah

 

Tak hanya atasan, batik juga bagus untuk kamu kenakan sebagai bawahan seperti rok hijab. Rok hijab dengan potongan lebar seperti ini pastinya nyaman untuk kamu kenakan saat beraktifitas. Pemilihan motif juga harus diperhatikan. Usahakan untuk memilih motif dan warna batik yang kalem seperti warna coklat muda atau cream.

 

Rok Batik Siti Juwariyah pola batik garis-garis diagonal yag memberi kesan unik pada motifnya.

 

Dalam foto tersebut Siti Juwariyah pemilik akun blogger bertajuk Saturday ini mengenakan rok batik berpotongan lebar dipadu dengan outer blazer warna cokelat susu di hijabnya yang berwarna lebih terang. Siti memilih pola batik garis-garis diagonal yag memberi kesan unik pada motifnya. Ibu satu anak ini cukup atraktif memadukan batik dengan gaya casual yang mengikuti tren masa kini.

 

 

5. Celana Hijab Motif Batik

 

Dengan perkembangan batik yang selalu mengikuti zaman akan membuat tampilan anda semakin menarik dan cantik dalam berbusana. Untuk itu tidak ada salahnya selalu berkreasi dengan beranekaragam model pakaian batik. Selain akan mempercantik penampilan anda, berarti anda juga mencintai produk–produk dalam negri.

 

Ternyata batik juga bisa dipakai untuk segala situasi untuk para muslimah. Sudah banyak batik yang memang dirancang lebih mengikuti zaman yang serba modern ini. Sudah begitu banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk menyesuaikan penampilan anda agar tampil muslimah namun tetap cantik.

 

Celana Hijab Motif Batik bisa mix and match dengan long cardigan warna orange yang lebih tua sebagai outernya

 

Solusi buat kamu yang tak biasa memakai rok, kamu bisa menjajal celana hijab berbahan batik untuk outfitmu. Sah-sah saja kalau kamu memang lebih nyaman menggunakan celana. Apalagi celana motif batik cukup populer saat ini sehingga mudah mendapatkanya. Untuk batik dengan warna dasar orange, kamu bisa mix and match dengan long cardigan warna orange yang lebih tua sebagai outernya. Untuk hijab, pilih warna yang lebih cerah lagi, biru muda rasanya tidak terlalu buruk untuk kamu coba.

 

Nah itulah beberapa inspirasi batik yang bisa kamu pakai. Semoga kita semakin mencintai produk dalam negeri dan menghargai warisan budaya Nusantara dengan cara melestarikannya. Kalau bukan kita yang bangga dengan kekayaan budaya negeri sendiri, siapa lagi?

2016-02-17 Unik 0 5279

Tinggalkan Komentar

Kamu harus login untuk dapat meninggalkan komentar.

Blog categories

Komentar Terbaru

tidak terdapat komentar

Arsip Blog