Tips Belanja Online

Saat ini dunia usaha di bidang online shop sedang marak-maraknya. Adapun yang ditawarkan bermacam–macam seperti makanan, fashion hingga barang-barang elektronik. Tingginya peminat konsumen untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara membeli secara online, membuat para pengusaha berlomba-lomba menyediakan jasa penjualan secara online dan dapat kamu temui dengan mudah di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Untuk itu saya akan share sedikit tips memilih online shop Fanpage yang dapat di percaya atau amanah. Bagi para calon pembeli wajib mengetahui hal ini supaya tidak menjadi korban penipuan online shop yang tidak bertanggung jawab.

1.    Cek Harga

Dalam berbelanja online, cek harga menjadi hal yang sangat penting agar kita dapat informasi harga yang presisi


Sama halnya di dunia nyata, para calon pembeli di online shop juga harus jeli dan cermat terutama dalam hal pengecekan harga. Kamu bisa mengecek harga dengan membandingkan harga yang di tawarkan dengan harga yang berlaku di pasaran atau dengan onlineshop lain. Ada juga online shop yang tidak mencantumkan harga pada keterangan foto untuk menujukan siapa customer yang benar-benar serius ingin membeli dengan menghubungi kontak yang dicantumkan.

 

2.    Cek Jumlah Like

Ada baiknya kita Cek Jumlah Like dari fanpages jualan yang ada di facebook. Hal ini untuk menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap fanpage

Memeriksa jumlah Like pada fanpage juga sangat penting, karena dari situ kita dapat mengetahui jumlah akun yang mengikuti perkembangan dari fanpage tersebut. Semakin banyak jumlah Like maka akan semakin menambah nilai plus kepercayaan orang terhadapnya. Akan tetapi kamu harus cek lagi para pengikutnya tersebut untuk memastikan akun-akun yang ada memang benar-benar ada. Jika kamu banyak menemukan akun-akun dengan nama asing atau anonym yang jarang beraktiitas di facebook , maka wajib dicurigai bahwa toko online tersebut sengaja melakukan penambahan jumlah Like. Hal ini bisa terjadi karena jumlah Like yang banyak dapat menunjukan bahwa online shop tersebut menarik.

 

3.    Cek Testimoni

Testimoni Pelanggan merupakan feedback penting untuk mengetahui apakah online shop tersebut memiliki reputasi yang baik atau sebaliknya

 

Menjadi stalker/penguntit onlineshop yang kamu tuju memang wajib. Contohnya kamu harus rajin melihat dan mengecek komentar atau testimony dari para pembeli sebelumnya di online shop tersebut yang terdapat pada setiap foto-foto yang di unggah. Dari komentar-komentar yang ada atau testimony yang diberikan kamu akan bisa menilai secara umum gambaran tentang produk yang akan kamu beli dan reputasi online shop tersebut. Menurut saya hal ini merupakan faktor terpenting , mengapa? Karena semakin banyak komentar yang menunjukan minat yang tinggi pada foto-foto tersebut atau testimony positif pada online shop tersebut, maka kemungkinan besar rasa kepercayaan kamu terhadap online shop tersebut semakin tinggi dan tekad untuk membeli produk tersebut semakin yakin. Tetapi kamu juga harus tetap berhati-hati karena tidak sedikit para pemilik online shop menggunakan testimony palsu.

 

4. Cek Resi

Cek Resi merupakan salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan agar bisa segera mengetahui apakah barang sudah dikirim atau belum


Online shop yang mempunyai jumlah pembeli yang banyak pastinya akan memposting resi atau bukti pengiriman barang setiap harinya. Dari resi tersebut kamu bisa cek kebenarannya dengan tracking langsung dari web resmi jasa ekspedisi yang di gunakan atau web yang bekerjasama dengan jasa ekspedisi tersebut. Semakin banyak resi yang di posting menunjukan banyaknya pembeli yang percaya pada online shop tersebut. Ingat tidak selalu yang kamu cek nama pengirimnya online shop tersebut. Hal ini bisa terjadi untuk online shop tangan pertama yang melayani system dropsipper dimana nama pengirim sesuai nama pembeli tangan kedua atau online shop tangan kedua.

 

5.    Cek Website


Cek Website perlu dilakukan untuk mengetahui apakah online shop tersebut dikelola dengan baik atau tidak

 

Online shop fan page yang menyediakan web bisa menjadi rujukan kamu untuk percaya pada online shop tersebut. Karena biasanya yang belanja langsung di web itu kalangan atas dan mandiri. Mereka para pembeli diberi kemudahan untuk memilih produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan bisa langsung melakukannya dengan sendiri. Hal ini bisa juga untuk efisien waktu atau para pembeli dapat melakukannya diwaktu malam setelah beraktifitas seharian di karenakan jam kerja customer service online shop tersebut hanya sampai sore saja sedangkan web jam operasionalnya 24 jam. Jadi kredibilitas online shop tersebut tinggi karena tetap dapat memberikan kemudahan pembelian meski di waktu malam.

 

6.    Cek Alamat

Cek Alamat atau kantor online shop untuk memastikan bahwa online shop ini benar adanya

Kamu bisa menyatakan langsung kepada customer servicenya alamat online shop tersebut atau bisa juga cek di fanpage atau website, jika terdapat di kota yang sama dengan kamu, kamu bisa langsung meminta untuk melakukan pengambilan barang atau pembayaran langsung di tempat. Jika customer service tersebut menyetujui sudah di pastikan online shop tersebut bisa di percaya. Jika tidak berada di kota yang sama dengan kamu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi smartphonemu untuk melacak alamat tersebut benar atau tidaknya.

 

7. Salah Satu Akun Pembeli Orang Sekitar Kamu

Cek Kawan Kamu untuk mengkroscek tentang online shop yang sedang kamu amati

Kamu bisa langsung menanyakan mengenai online shop tersebut, benarkah orang tersebut pernah membeli di online shop tersebut atau tidak. Jika iya kamu bisa percaya online shop tersebut tanpa takut merasa di tipu meskipun proses pengiriman memakan waktu yang sedikit lama dari biasanya.

 

8.    Cek Jumlah Customer Service


Cek Customer Service untuk memastikan bahwa online shop tersebut memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya

Biasanya di setiap keterangan foto-foto yang di unggah akan di sertakan kontak yang dapat kamu hubungi untuk melakukan pemesanan atau sekedar bertanya. Jika jumlah kontak yang di sertakan lebih dari satu itu bisa menggambarkan banyaknya jumlah calon pembeli yang menghubungi. Tidak jarang juga yang di beri peringatan dibawahnya “Hubungi salah satu kontak saja” itu agar data pembeli tidak double di data admin. Kalau sudah bicara soal admin sudah di pastikan online shop tersebut biasa melayani dalam partai besar karena dibutuhkan juga ketepatan data yang masuk.

 

9.    Cek Profil Owner 

Cek Owner juga bisa kita lakukan terutama owner2 yang sudah memiliki personal branding yang baik

 

Ini hal terakhir yang kamu lakukan, kamu harus tahu sepak terjang online shop tersebut, minimal tahu profil owner. Bagaimana cara mengeceknya? Kamu bisa cek di google dari nama online shop tersebut atau dari nama pemilik no rekening yang diberikan online shop tersebut. Maka google langsung memberikan informasi profil akun serta ownernya. Kemudian kamu cek profil tersebut jika kamu merasa profil ownernya baik insya Allah online shop tersebut dapat di percaya.

Oke, itulah beberapa tips yang bisa saya share untuk memilih online shop yang dapat di percaya. Semoga bisa memudahkan kamu – kamu yang ingin mencoba berbelanja secara online. Intinya kita harus selalu waspada di manapun entah di dunia nyata atau dunia maya karena kejahatan bisa terjadi karena adanya kesempatan.

Silakan klik www.debusana.com untuk mencari Hijab cantik, modis & elegan atau gabung disini! Klik (y) Like debusana.com untuk dapat update koleksi terbaru. Pilih salah satu CS untuk membantu kamu :

-          Chat inbox Fanpage (CS_Fika)

-          BBM 2BE1721A

-          SMS/LINE/Whatsapp 0896-3686-0096

-          SMS/LINE/Whatsapp 0896-5880-3523

-          SMS/LINE/Whatsapp 0896-5635-4780

-          Order dari web kami dapat di aksesdari PC/Laptop/Smartphone

[IKLAN] untuk koleksi lainnya jaket flace dll bisa kamu cek di SINI fast respon hubungi pin 579E8DB6, Line ID fika2612 [IKLAN]

Posted on 2015-10-23 Tips 0 1221

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Blog archives

Blog categories

Latest Comments

No comments

Blog search

keranjang kamu kosong


Lihat Ringkasan