Istilah-istilah dalam Online Shop


  1. Agan. Ini arti sebenarnya singkatan dari Juragan. Disebut sebagai sapaan penjual dan pembeli online (terutama pria), menyebut lawan bicara dalam transaksi. Bermula pada awal 2000an di (FJB) Kaskus, salah satu social platform terbesar Indonesia yang menyebut penjual dan pembeli (yang sama sama memiliki uang maupun barang, sehingga disebut "Agan). Kadang untuk perempuan disebut Aganwati.
  2. Jokul. Jual.
  3. Sis/Sista. Ini sebutan singkatan dari sister (saudari). Untuk menyebut penjual dan pembeli wanita pada jual beli online.
  4. BT. Barter. Artinya suatu barang apakah mau dituker dengan barang lain (langsung tukeran).
  5. TT. Tuker Tambah. Artinya suatu barang dijual, dengan salah satu pihak menambahkan uang disesuaikan dengan harga jual barang tersebut. Bisa agan yang nambah, or ane yang nambah. Bisa juga artinya Transfer.
  6. Ane. Menyebut diri sendiri saat bertransaksi jual beli online.
  7. PHP. Pemberi Harapan Palsu. Berlaku umum, yang lebih sadis julukannya "palkor" untuk alay. Kalau PHP bisa dua sisi, penjual maupun pembeli dimana "angin surga" untuk segera barang dijual ternyata tidak terjadi, deal batal padahal sudah seperti mau terjadi transaksi.
  8. Palkor. Istilah Jual Beli Online ini agak ada nuansa marah dan kesal. Arti dari Palkor adalah Pala Korengan. Sebutan untuk para Alay yang biasanya banyak nanya, seakan-akan setuju dengan harga dan spek namun ketika sudah deal tidak muncul atau susah dihubungi.
  9. Pernando. Persatuan Nanya Doang. Banyak nanya tapi pada akhirnya tidak transaksi.
  10. CLBK. Chat Lama Beli Kagak, Cuma Liat Beli Kagak. Julukan untuk mereka yang banyak bertanya misalnya spesifikasi, alasan jual dan seterusnya namun tetap pada akhirnya tidak membeli.
  11. BPJS. Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita. Istilah bagi mereka yang banyak nawar untuk barang-barang yang mahal dan asli.
  12. Bid and Run. Setelah menawar, tidak ada kabar lagi.
  13. Hit and Run. Setelah membeli, tidak ada kabar lagi.
  14. Tuti. Tukang Tipu.
  15. KOS. Kumpulan Online Shop.
  16. Onlen. Sedang online.
  17. BNIB. Brand New In Box. Artinya barang baru masih dalam kotak alias masih baru dan belum buka packaging box nya. Menunjukkan bahwa ini masih segel dan belum dibuka dus/kotaknya. Biasanya berlaku untuk gadget dan sejenisnya.
  18. No Afgan. Mencomot salah satu penyanyi Indonesia yaitu Afgan. Salah satu judul lagunya yang terkenal adalah "Sadis".Artinya boleh menawar tapi jangan sadis-sadis amat. Misal menawar separuh harga.
  19. Nego Tipis. Artinya barang bisa ditawar tapi sedikit saja  (No Afgan).
  20. No Rossa. Hampir sama dengan No Afgan, belakangan mencomot dari Artis penyanyi Rossa. Salah satu lagunya "Tega" artinya boleh ditawar jadi jangan terlalu rendah. Teganya dikau!
  21. No Minus. Artinya barang kondisinya masih bagus.
  22. Nego. Artinya bisa ditawar.
  23. Harga Fix. Artinya tidak bisa ditawar lagi.
  24. Nett. Artinya harga Pas. Sudah tidak bisa ditawar lagi.
  25. Ongkir. Ongkos kirim.
  26. Freeong. Free ongkir. Gratis ongkos kirim.
  27. Booked. Sudah ada yang menawar dan meminta disimpankan barang karena akan segera membayar, jangan sampai diberikan barang kepada penawar lain.
  28. Keep. Permintaan untuk menyimpan barang yang dijual untuk calon pembeli agar tidak diambil/dibeli orang lain.
  29. KW. Kualitas. Biasanya menyebut barang yang memiliki kemiripan dengan yang aslinya. Namun sebenarnya jauh. Angka setelah KW menunjukkan tingkat kemiripan dengan aslinya (bisa kualitas, bisa fisik dan bentuk). KW1 misalnya, memiliki nilai mirip dengan kualitas barang asli (ORI) dibandingkan dengan KW2 dan KW3 dst.
  30. KW Super. Istilah Jual Beli Online ini untuk membedakan dengan KW "biasa" namun sebenarnya tidak jelas juga, hanya dalam bentuk mirip bahkan dengan sertifikat palsu yang dibuat. Sehingga harga mendekat harga Asli karena berkualitas lebih baik dari KW biasa (1 , 2, 3 dst)
  31. ORI. Barang original alias asli.
  32. Rekber. Rekening Bersama. Rekening yang dapat digunakan penjual maupun pembeli untuk bertransaksi sebagai rekening pihak ketiga yang dipercaya sehingga transaksi cenderung aman karena tidak langsung masuk ke rekening penjual sebelum barang diterima dan dicek oleh pembeli.
  33. Japri. Jalur Pribadi. Istilah ini artinya untuk melanjutkan obrolan berdua saja, tidak ditempat umum misalnya melalui telepon, email, Whatsapp antara berdua saja, pembeli dan penjual untuk diskusi detil.
  34. PM. Private Message. hampir sama dengan Japri.  Namun biasanya PM masih dalam bentuk pesan pada seller melalui message di inbox.
  35. COD. Cash on Delivery. Pembayaran dilakukan saat bertemu antara penjual yang membawa barang dan pembeli yang membawa uang.
  36. ASAP. As Soon As Possible. Secepat mungkin.
  37. DP. Down Payment, uang muka. Bayar dulu sekian rupiah untuk kemudian bayar sisanya setelah barang diterima.
  38. Dropship. Sistem dimana pembeli bisa mendapatkan harga murah dan menjual barang tanpa perlu mengemas dan mengirim karena penjual pertama yang langsung mengirim, dengan nama dari si pembeli yang menjual kembali ke orang lain.
  39. Reseller. Penjual kembali. Barang yang memiliki kuantitas besar biasanya mendapatkan harga lebih murah karena dijual kembali.
  40. Seller. Penjual.
  41. Buyer. Pembeli. Atau calon pembeli.
  42. Customer. Merupakan buyer yang "loyal" karena sudah pernah membeli, untuk disebutkan juga ke mereka yang sudah lebih dari satu kali berbelanja di toko tersebut.
  43. Recsell. Recommended Seller, penjual yang direkomendasikan/terpercaya karena pembeli puas layanan dan barang yang dibeli.
  44. Recommended. Direkomendasikan.
  45. Trusted Seller. Istilah Jual Beli Online ini hampir sama dengan recommended, penjual terpercaya (bukan menipu).
  46. Open PO. Penjual membuka kesempatan pembeli untuk membeli barang yang belum ada (biasanya disebutkan kapan barang tersebut tiba/ada).
  47. PO. Pre Order. Barang belum ada, namun akan ada dalam waktu dekat, sudah dibuka penjualan. Biasanya barangnya dari Luar Negeri.
  48. PL/Pre Loved. Barang yang seken, bekas, bukan barang baru. Biasanya ditujukan kalau barang ini barang koleksi pribadi.
  49. Seken. Barang second, barang bekas.
  50. Ready Stock. Barang sudah ada bukan PO.
  51. Reject. Barang yang asli namun ada cacat sedikit (bukan berarti rusak) dengan kualitas masih bagus.
  52. Rep (Replika). Barang tiruan yang menyerupai ORI nya. Mirip dengan istilah KW tapi ini biasanya menunjukkan kualitas yang bagus daripada KW.
  53. WTB. Want To Buy. Ingin membeli/mencari barang.
  54. WTS. Want To Sell. Ingin menjual barang.
  55. Good Condition. Barang kondisi bagus.
  56. Mint. Mint Condition. Barang kondisi sangat bagus, biasanya 95% keatas.
  57. Like New. Barang bekas namun kondisi baik fungsi maupun fisik seperti barang baru.
  58. Refurbis/Refurbished. Merupakan barang gadget, laptop dan sejenisnya yang stok lama/merupakan barang lama tapi diproduksi ulang oleh pabrik.
  59. Retur/Return. Barang dikembalikan.
  60. Resi. No pengiriman yang ada pada setiap delivery dari jasa ekspedisi. No Resi bisa dilacak untuk mengetahui keberadaan barang pesanan sudah sampai dimana.
  61. OS/Olsop/Olshop. Online Shop/Toko Online.
  62. OEM. Original Equipment Manufacture. Merupakan barang asli yang dirakit/dibuat di pabrik sehingga belum ada merknya.
  63. Up. Biasanya digunakan untuk menaikkan jualan barang ke posisi dilihat sebagai barang yang dijual hari ini, karena jika iklan akan tenggelam/tergeser apabila banyak barang lain yang baru untuk diiklankan. Dengan UP  (menulis UP) tujuannya menunjukkan barang masih ada dan masih bisa dibeli, dan dapat dibaca oleh mereka yang online pada saat itu.
  64. TF.Istilah Jual beli online ini artinya sederhana, Transfer.
  65. Sold out. Semua barang sudah terjual habis (barang lebih dari satu).
  66. Sold. Barang sudah terjual.
  67. Restock. Barang yang sudah pernah habis kemudian sudah ada lagi stoknya.
  68. Out of Stock. Barang habis, tidak ada stok lagi.
  69. Kurir. Istilah Jual Beli Online ini artinya Jasa pengiriman barang.
  70. Ekspedisi. Hampir sama dengan kurir, untuk menyebut Jasa pengiriman barang.
  71. Testi/Testimonial. Merupakan tulisan pengalaman belanja yang baik dari customer/buyer. Semakin banyak "testi" artinya semakin banyak customer yang puas.
  72. Cendol.  Terima cendol. berawal dari Kaskus, istilah ini artinya memberikan nilai/penghargaan sesuai sistem yang ada marketplace kepada seller, misalnya "trims, mohon cendolnya gan" untuk permintaan dari seller setelah buyer mengatakan puas.
  73. YP. Yatim Piatu. Istilah Jual Beli Online ini biasanya ini dalam jual beli motor/mobil bekas. Artinya tidak ada surat-surat.
  74. TS. Thread Starter. Yang membuat topik penjualan di lapak jual beli online.
  75. Lapak. Topik yang dibuat/tempat penjual membuat diskusi/menjual barang di situs jual beli online.
  76. ATC. Add to Chart. Masukkan ke keranjang pembelian. Siap Order dan Bayar.
  77. QC. Quality Control. Biasanya disebutkan lolos QC artinya barang kondisi berkualitas.
  78. CNC. Condition Not Control. Artinya penjual tidak bertanggungjawab kondisi barang karena tdk bisa dikontrol.
  79. TNC. Term and Condition. Syarat dan Ketentuan berlaku.
  80. TL. Timeline. Biasanya menunjukkan promosi barang dagangan dapat dibaca di timeline atau diskusi pada suatu tempat penjualan online.
  81. BU. Butuh Uang.
  82. BUC. Butuh Uang Cepat.
  83. SS. Bisa berarti Screen Shot. Bisa berarti Stainless Stell/Silver (warna seperti perak atau chrome) atau berarti Surat-Surat.
  84. Over Credit. Artinya barang masih dalam kredit, dapat dialihkan kreditnya ke pembeli, dengan pembeli membayar harga yang diminta. Selanjutnya pembeli lah yang akan mencicil.
  85. Price Police. Suka membanding-bandingkan harga dengan lapak sebelah.
  86. Lapak Sebelah. Jualan orang lain di diskusi/jualan terpisah pada platform tempat jualan online yang sama.
  87. Marketplace. Tempat jualan online berupa kumpulan jual beli misalnya di tokopedia, bukalapak, FJB Kaskus dst.
  88. Deal. Artinya terjadi kesepakatan penjual dan pembeli.
  89. WTF. Want to Find. Hampir sama dengan WTB, mencari barang yang ingin dibeli.
  90. CMIIW. Correct Me If I am Wrong. Artinya belum yakin dan kalau salah minta tolong dikasih tau yang benar seperti apa. Misalnya soal spesifikasi barang.
  91. Nyubi. Newbie. Baru dalam hal yang disebutkan.
  92. Nyubitol. Nyubi Tolol.
  93. AFAIK. As Far As I Know. Sejauh yang saya tau. Menginformasikan apa yang dia ketahui.
  94. FYI. For Your Information. Hampir sama dengan AFAIK, namun kesan FYI adalah fakta yang sudah benar.
  95. IMHO. In My Humble Opinion. Mirip sama CMIIW tapi pendapat yang bersangkutan soal barang tersebut.
  96. Bata. Lempar Bata. Istilah jual beli online ini kebalikan dengan cendol, merupakan reputasi buruk yang akan diberikan pada seller tersebut. Misalnya dengan nilai yang rendah dst tergantung dari sistem penilaian transaksi pada masing-masing tempat jualan online.
  97. Esteh. STNK Only, biasanya untuk jual beli motor bekas dimana hanya ada surat berupa STNK, tanpa BPKB.
  98. PL. Price list. Daftar harga produk yang dijual.
  99. PNP. Plug and Play. Artinya barang yang dibeli bisa langsung digunakan.